::::SELAMAT HARI JADI KOTA BOJONEGORO KE-337, BOJONEGORO SEHAT PRODUKTIF DAN BAHAGIA, BOJONEGORO MATOH ::::

Mahasiswa KKN UGM Sinau Bareng Olah Pakan Ternak

Ditulis Oleh Unknown pada Jumat, 22 Agustus 2014 | Jumat, Agustus 22, 2014

Ngambon (Djanggleng) – Puluhan anggota Kelompok Ternak (Poknak) Se Kecamatan Ngambon berkumpul di balai Kecamatan Ngambon sore ini (Jum’at, 22/08/2014). Bersama mahasiswa KKN-PPM UGM Unit-24 Kecamatan Ngambon, Eky Wardhana dan Dodo Ramadhan dari Fakultas Peternakan mereka bersama-sama belajar membuat pakan ternak sistem fermentasi. Dengan dibantu oleh Abdul Salam dari Poknak Rukun Mulyo Desa Bondol yang sudah berpengalaman dalam mengolah pakan ternak ini, diharapkan kelompok lain mampu membuat pakan ternak secara mandiri. Tidak banyak yang disampaikan terkait teori pembuatan pakan ternak. Setelah beberapa hal tentang bahan-bahan yang dibutuhkan, peserta sinau bareng langsung turun tangan untuk praktek.
Peserta mengaku tidak kesulitan dalam proses pembuatan. Hanya saja ada beberapa bahan yang dirasa sulit didapat walaupun bisa diganti dengan bahan lain. “Yang paling sulit didapat didesa itu ya bungkil kopra, tapi bisa diganti dengan kulit ketela pohon,” kata Samsu, salah satu peserta. Samsu adalah salah satu dari sekian banyak anggota kelompok ternak di wilayah Kecamatan Ngambon. Dia dan teman-temannya antusias mengikuti setiap langkah pembuatan pakan ternak ini. “Saat ini, yang kami butuhkan adalah alat untuk menggiling bahan-bahan yang masih keras seperti tumpi jagung dan ketela pohon,” tambah Samsu. Selain untuk domba atau kambing, pakan ternak sistem fermentasi ini juga dapat dikonsumsi oleh ternak lain seperti Sapi. Beberapa kelompok ternak yang sudah pernah memanfaatkan pakan ini mengaku cukup puas dengan hasilnya. “Kambing menjadi lebih sehat dan cepat gemuk, mas,” kata Pranoto, anggota Poknak Desa Bondol. Selain pembuatan pakan ternak, juga disampaikan materi pembuatan mesin tetas oleh mahasiswa Peternakan UGM. (kang/dj)

Ditulis Oleh : Unknown ~KIM DJANGGLENG

kim djanggleng Anda sedang membaca artikel berjudul Mahasiswa KKN UGM Sinau Bareng Olah Pakan Ternak yang ditulis oleh KIM DJANGGLENG yang berisi tentang : Anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini tanpa seijin admin asal mencantumkan backlink.

Blog, Updated at: Jumat, Agustus 22, 2014

0 komentar:

Posting Komentar

KANAL BOJONEGORO

Relawan TIK Bojonegoro

Blogger Bojonegoro

MEDIA BOJONEGORO

KIM Djanggleng
Kanal Bojonegoro
Blogger Bojonegoro
Halo Bojonegoro
Blog Desa
Malowopati Web Design
R-TIK Bojonegoro
PPID Bojonegoro
indahnya bengawan bojonegoro
KIM Djanggleng